Big Five Personality Trait

HIMAPSI FK UNHAS
0

  



    Halo teman-teman, kami kembali lagi nih dengan konten baru! Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi terkait salah satu teori kepribadian, yaitu Big Five Personality Trait. Sebelumnya udah pada tau belum sih apa itu trait? Menurut Colman (2015), Trait merupakan sebuah karakteristik atau kualitas yang dimiliki seseorang berupa pola perilaku yang cenderung konsisten ditampakkan oleh individu yang memiliki karakteristik tersebut dalam situasi tertentu. Sedangkan, menurut American Psychological Association (2015) menyatakan bahwa trait adalah penentu perilaku individu dalam menghadapi berbagai macam sesuatu yang bertahan dalam jangka waktu yang lama. 

   

    Nah, salah satu teori yang terkenal terkait trait ini adalah Big Five Personality Trait yang dikemukakan oleh Costa & McCrae! Costa & McCrae sendiri mendefinisikan trait sebagai dimensi yangmmembedakan setiap orang secara individual dalam menunjukkan pola pikir, perasaan, dan perilaku yang cenderung konsisten dalam segala situasi. Costa & McCrae mengelompokkan trait berdasarkan lima domain atau dimensi yang biasa disebut sebagai OCEAN, O (Openness to experience), C (conscientiousness), E (extraversion), A (agreeableness), dan N (neuroticism). Skala pengukuran yang digunakan untuk mengukur trait kepribadian individu berdasarkan teori Costa & McCrae ialah NEO-PI R (Neo personality inventory-revised).


Berikut penjelasan lebih rinci terkait tiap-tiap dimensi:

  • Openness to Experience: Dimensi kepribadian yang berkaitan dengan kevenderungan individu untuk mencari dan terbuka pada hal-hal baru dengan tujuan mencari pengetahuan dan pengalaman untuk menambah wawasan (APA, 2015) 
  • Conscientiousness: Dimensi kepribadian yang berkaitan dengan kecenderungan individu untuk berhati-hati dan berpikir sebelum bertindak, penuh perencanaan dan terorganisir (John, Robins & Pervins, 2008)
  • Extraversion: Dimensi kepribadian yang memiliki karakteristik sebagai individu yang senang hidup berkelompok, keterbukaan, aktif bersosialisasi, optimis, berorientasi pada hubungan dan senang untuk berteman (Pervin & John, 2001) 
  • Agreeableness: Dimensi kepribadian yang berkaitan dengan kecenderungan individu untuk bertindak dengan kooperatif, tidak bersikap egois jika berada dalam hubungan suatu kelompok dan menghasilkan kepuasan dari hubungan tersebut (APA, 2015) 
  • Neuroticism: Dimensi kepribadian yang berkaitan dengan kecenderungan individu merasakan emosi negatif sehingga rentan mengalami kecemasan, depresi, sedih, dan lain-lain (Costa & Mccrae, 2018)

Nah, itu tadi penjelasan terkait teori kepribadian Big Five Personality Trait! Gimana, kira-kira kalian cenderung ke dimensi yang mana nih? Teori kepribadian sendiri sangat banyak yaa teman-teman, tidak hanya terbatas pada satu teori saja jadi tunggu pembahasan terkait teori-teori lain di konten-konten kami selanjutnya yaa! Terima kasih, semoga bermanfaat❤️


Referensi:
American Psychological Association. (2015). APA dictionary of psychology. 
Colman A. M. (2015). A dictionary of psychology (4th ed.). Oxford University Press. 
Costa, P. T., & Mccrae, R. R. (2018). Neo PI-R professional manual. 
Costa, P. T., Jr., McCrae, R, R. (2008). The sage handbook of personality theory and assessment: The revised NEO Personality Inventory (NEOPI-R). Sage Publications.
Costa, P. T., Jr., & McCrae, R. R. (1995). Domains and facets: Hierarchical personality assessment using the revised NEO Personality Inventory. Journal of Personality Assessment, 64(1), 21-50. 
John. O.P., Robins, R. W. & Pervin, L.A. (2008). Handbook of personality: Theory and research (3th ed.). The Guilford Press. 
Pervin, L. A., & John, O. P. (2001). Personality theory & research. John Wiley & Sons.

Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)